Instagram Bakal Hapus Peta yang Tampilkan Lokasi Foto

Instagram akan segera menghapus fitur peta digital alias Photo Map pada platform-nya. Fitur tersebut dianggap tak berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pengguna berbagi momen.

“Photo Map tak digunakan secara masif, jadi kami putuskan akan menghapusnya dan fokus pada prioritas lain,” kata juru bicara Instagram, sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Rabu (7/9/2016).

Penghapusan fitur tersebut dilakukan secara perlahan. Saat ini baru segelintir pengguna yang sudah merasakan hilangnya fungsi Photo Map.

Sejatinya, fitur tersebut berfungsi mengklasifikasikan foto yang dibidik berdasarkan lokasi penjepretannya. Fitur ini terletak di bawah deskripsi profil, tepatnya di samping kiri fitur Photos of You.

Ketika membuka Photo Map, Anda akan melihat ilustrasi peta digital beserta foto-foto Anda yang tersebar di titik-titik tertentu.

Meski tak sama, Photo Map pada dasarnya memiliki mekanisme yang mirip dengan aplikasi check-in lokasi Foursquare. Intinya menginformasikan lokasi.

Aplikasi-aplikasi demikian memang mulai pudar popularitasnya. Tren sekarang merujuk pada aplikasi berbasis video untuk membagi cerita real-time, misalnya Snapchat dan Periscope.

Baru-baru ini, Instagram juga menghadirkan fitur baru bertajuk Instagram Stories yang serupa dengan Snapchat. Tak cuma Instagram, media sosial lain seperti Facebook dan Twitter juga semakin agresif menggarap fitur video.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s