Review: Lenovo Vibe K4 Note, Kaya Fitur dengan Harga Bersahabat

Ponsel dua jutaan tak selalu membawa kualitas “kelas dua”. Prinsip itu yang hendak disampaikan Lenovo melalui ponsel Vibe K4 Note yang resmi meluncur di Tanah Air pada Maret 2016 lalu.

Vibe K4 Note baru dengan nomor model A7010a48 ini merupakan evolusi dari Lenovo K4 Note sebelumnya (A7010) keluaran Desember 2015. Dua kakak-beradik itu sepintas mirip dari segi desain maupun spesifikasi. Hanya saja, Vibe K4 Note hadir sebagai penyempurnaan dari sang kakak.

Tak cuma membenamkan spesifikasi tangguh di kelasnya, Vibe K4 Note juga memanjakan para pecinta film dan musik. Seperti apa kemampuannya? Simak ulasan KompasTekno berikut.

Desain simple dan fungsional

Jika Anda pernah memegang A71010, maka Vibe K4 Note tak akan menghadirkan kejutan baru. Ponsel itu masih mengusung layar 5,5 inci dengan tampilan Full HD beresolusi 1080×1920 piksel.

Sisi atas dan bawah layar dipatrikan kisi-kisi speaker yang simetris. Keduanya berfungsi mengeluarkan suara lawan bicara via telepon atau audio dari pemutar musik dan video.

Ada pula lampu indikator, kamera 5 megapiksel, serta tiga tombol navigasi yang bisa dilihat pada sisi depan Vibe K4 Note. Tombol-tombol navigasi itu berupa soft button sehingga terkesan menyatu dengan layar sentuh.
Oik Yusuf/Kompas.com
Sisi samping Lenovo Vibe K4 Note
Menilik ke sisi samping, Vibe K4 Note menghadirkan kesan sederhana dan elegan dengan balutan aluminium yang kokoh. Empat sudutnya dibikin tumpul agar terkesan futuristik dan anti kaku.

Hanya ada dua tombol fisik yang tertanam di sisi samping kanan ponsel. Masing-masing berfungsi untuk menurunkan dan menaikkan volume serta mematikan dan menghidupkan layar.

Oik Yusuf/Kompas.com
Sisi atas Lenovo Vibe K4 Note

Menengadah ke atas, ada port audio jack 3,5 mm standar untuk menghubungkan ponsel dengan headset. Di sisi bawah tersemat port micro-USB standar.

Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com
Sisi bawah Lenovo Vibe K4 Note

Jika ada skor kenyamanan pengenggaman, Vibe K4 Note bisa meraih nilai tinggi. Rancangan punggungnya bisa dibilang mantap mengikuti tekstur genggaman orang dewasa.

Oik Yusuf/Kompas.com
Sisi punggung Lenovo Vibe K4 Note

Lengkungannya pas dengan bahan plastik polikarbonat yang ringan namun tetap kokoh. Teksturnya kesat agar ramah bagi tangan yang suka berkeringat.

Tekstur demikian juga menambah nilai estetik smartphone yang jadi terkesan menggunakan material premium, meski sebenarnya berbahan plastik.

Kamera utama dengan sensor 13 megapiksel nangkring di sisi punggung bagian tengah atas. Kamera itu ditemani dual flash untuk menerangi subyek saat pemotretan dalam kondisi kurang cahaya.

Ada pula sensor pemindai sidik jari alias fingerprint scanner yang ditaruh di bawah kamera. Fitur keamanan ini bisa menjalankan beberapa fungsi seperti membuka kunci ponsel, menutup aplikasi untuk kembali ke laman home, serta membersihkan aplikasi-aplikasi yang terbuka.

Oik Yusuf/Kompas.com
Bukaan punggung Lenovo Vibe K4 Note

Ketika membuka penutup punggung polikarbonat itu, Anda akan mendapati unit baterai berkapasitas 3.300 mAh. Ada juga dua slot untuk kartu SIM yang bisa dimanfaatkan di jaringan 2G, 3G, dan 4G.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s